Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Agroteknologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta diharapkan mampu mengeksplorasi isu-isu aktual seputar sistem pertanian yang berlanjut dan ramah lingkungan. Isu-isu tersebut harus dipertimbangkan dari berbagai aspek sudut pandang, seperti keteknikan, ekonomi, sains, etika, sosial, politik, estetika, dan sejarah. Selain itu, penggunaan instrumentasi pertanian dan lingkungan untuk meningkatkan produktivitas, penerapan teknologi informasi, pengembangan pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture), bioteknologi dan pertanian organik, controlled enviroment agriculture, konservasi air dan lahan pertanian, serta kewirausahaan merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki lulusan Program Studi Agroteknologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Untuk itu Program Studi Agroteknologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan (Sarjana Pertanian) dengan profil atau peran sebagai berikut:

  1. Manajer dari suatu usaha/bisnis di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian. Termasuk ke dalam kelompok ini adalah perencana, penyelenggara, penggerak, dan pengendali (mengacu kepada prinsip-prinsip manajemen: POAC) dari suatu kegiatan pertanian atau kegiatan yang berkaitan dengan pertanian.
  2. Pelaku Bisnis (entrepreneur) yang bergerak di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian.
  3. Peneliti yang bekerja di lingkup pertanian, baik di lembaga-lembaga litbang pertanian, pusat-pusat penelitian/pusat-pusat kajian pertanian, dan balai-balai penelitian.
  4. Pendidik, yang meliputi: dosen di perguruan tinggi penyelenggara pendidikan pertania, widyaiswara, dan guru sekolah kejuruan bidang pertanian.
  5. Konsultan, sebagai konsultan di bidang pertanian.
  6. Birokrat, yaitu pelaku di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian, teknokrat, dan pengambil kebijakan/keputusan di bidang pertanian.
  7. Komunikator, sebagai fasilitator, motivator, dan mediator di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian, dan penyuluh pertanian (PPL, PPS, PPM).